Perlengkapan ngeVLOG sederhana buat VLOGGER/YOUTUBER pemula

Ceritanya, saya mencoba merambah dunia YouTube and become a YouTuber, saya mulai melengkapi peralatan yang diperlukan. Karena selain kamera, alat-alat lain juga tidak kalah penting. Sebut saja pencahayaan yang bisa dihasilkan dari lampu dan peralatan seperti soft box, menjadi faktor penentu dalam kualitas video / foto yang dihasilkan.

Sebagus apapun kamera kalau tidak diimbangi dengan pencahayaan yang pas, maka hasilnya tidak akan lebih bagus dari kamera handphone dengan pencahayaan yang bagus. Kalaupun lebih bagus, tidak akan jauh beda.

Nah peralatan yang saya kumpulkan dan gunakan ini tergolong sederhana banget, karena budgetnya di bawah 10 juta rupiah. Karena saya pemula di dunia ini, maka peralatan yang saya pakai pun masih sangat sedikit dan sederhana.

Berikut perlengkapan ngeVLOG yang saya pakai di tahun Mei 2019 ini:

  • Kamera Canon PowerShot G7X Mark II
  • Tripod Excell Promoss
  • Ulanzi Arimic Lavalier Microphone Single Head
  • Lampu belajar + lampu daylight di soft box dan standnya

Karena budget minim, jadi saya manfaatkan perlengkapan yang sudah ada seperti meja. Meja berukuran 140cm x 70cm tersebut saya ‘renov’ dengan menutupi bagian atasnya dengan alas foto seharga 40ribu rupiah saja. Dan hasilnya cukup memuaskan, video dan foto menjadi lebih terang dan warna yang dihasilkan mendekati barang aslinya. Malahan saya jadi punya ide baru untuk proyek selanjutnya, yakni memanfaatkan meja ala kadarnya yang diberi alas foto yang bisa diganti-ganti jika sudah kotor/rusak. Sangat hemat uang dan tenaga karena tidak perlu gonta-ganti meja.

Penataan cahaya dan meja bisa dibilang jarang berubah, kecuali sangat dibutuhkan. Jadi sebisa mungkin saya menghindari kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran seperti gonta-ganti meja. Sehingga saya bisa fokus pada pembuatan content.

Sedangkan untuk mengedit video saya menggunakan iMovie di MacBook Pro Touch Bar 2018. Bila diperlukan, saya menggunakan pendingin seperti AC untuk mendinginkan ruangan, proses rendering dan editing terkadang membuat MacBook terlalu panas dan akhirnya freeze.

Baca juga: Tips cara mudah mengedit video di iMovie bagi YouTuber

Mungkin di lain kesempatan saya akan berbagi tips setting pencahayaan yang sederhana namun hasilnya cukup memuaskan. Bahkan kamera handphone seharga 3jutaan saja sudah cukup kalau memakai tips ini. Saya kumpulkan data dan siapkan waktunya dulu ya teman 😊

Ini perlengkapan sederhana milikku, kalau milikmu apa aja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *