Cara mengedit video menggunakan iMovie, gampang banget ternyata!

NB: akan terus diupdate

Setelah keisengan kemarin memvideo proses unboxing Realme 3 yang bisa dilihat disini, saya jadi tahu bahwa mengedit video menggunakan iMovie sangatlah mudah. Memang semua tidak mudah jika tidak tahu caranya, kalau sudah tau caranya mah gampang banget!

Untuk menyimpan video yang sudah diedit bagaimana caranya? Nah karena saya terbiasa ngedit foto menggunakan Adobe Photoshop, jadinya mikir ke arah tombol penyimpanan. Tapi ternyata di iMovie besutan Apple ini memang tidak ada fitur simpan alias save. Jadi iMovie akan langsung menyimpan semua perubahan yang kita lakukan, tanpa perlu menekan tombol simpan yang memang tombolnya tidak ada.

Kemudian untuk menggabungkan dua atau lebih video yang berbeda, cukup dengan cara mengklik tombol Share yang bisa ditemukan di dua lokasi, yakni di halaman depan tab Projects (klik tiga titik di samping nama video) atau di halaman editing di tombol kanan atas bergambar kotak ada tanda panah mengarah ke atas.

Untuk memilih audio atau titles (tulisan) dan efek lain diinginkan, cukup dengan drag and drop. Yakni klik + tahan + jatuhkan di area yang diinginkan. Semudah itu!

Untuk menghapus audio atau video yang berada di tengah (select range), caranya klik tombol R + tahan + klik kiri di mouse dan seret ke samping kiri atau kanan sampai membentuk semacam blok. Setelah itu pada area blok bergaris kuning itu, klik kanan dan pilih delete. Nah cara ini juga bisa diterapkan kalau mau mengcopy bagian yang diinginkan ataupun memberi efek tambahan lain seperti Freeze Frame.

Comments

  1. Pingback: Perlengkapan ngeVLOG sederhana buat VLOGGER/YOUTUBER pemula – GerombolanSiberat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *