Kenapa brush tip di Photoshop menghilang atau berubah menjadi kursor model crosshair?

Sebagai pengguna Photoshop pemula, saya terkadang dipusingkan oleh masalah sepele pada saat menggunakan Tools yang bernama Brush (B). Tools ini kerap saya pakai untuk membuat brosur dan memutihkan background. Tapi terkadang entah karena salah mencet apa, kursornya atau yang biasa disebut brush tip modelnya jadi aneh. Salah apakah saya?

Saking frustasinya kadang sampai saya restart komputer..

Foto perbandingan brush tip kondisi normal dan kursor crosshair
Foto perbandingan brush tip kondisi normal dan kursor crosshair

Bisa dilihat pada foto kiri, itulah brush tip dalam kondisi normal. Nah foto kanan masih dalam kondisi Tools Brush aktif, tapi kursornya berubah menjadi model palang / tambah atau crosshair. Meski fungsi Brushnya masih berlaku dan normal, tapi kursor yang berubah, jadi mengganggu saya karena batas tepi daripada Brushnya tidak terlihat.

Ternyata setelah googling, saya menemukan penyebabnya sepele sekali. Yakni tombol capslock yang tertekan secara tidak sengaja. Jadi ternyata kursor berubah karena tombol capslock dalam kondisi on. Setelah capslock saya non-aktifkan, brush tip kembali muncul dan normal seperti sedia kala.

Nah apakah ini bug pada Photoshop? Saya rasa tidak. Kursor model crosshair juga berguna kok jika kita ingin mengecat persis pada kondisi tengah-tengah brushnya. Ini bisa berguna jika kita memakai garis pembatas dari ruler.

Jadi, sekarang sudah kelar masalahnya. Semoga berguna buat kita semua 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *